Sabtu, 08 Oktober 2016

Contoh Surat Pengajuan Talak Suami


Jember, 13 Maret 2014
Hal : Permohonan Cerai Talak
Kepada
Yth. Ketua Pengadilan Agama Jember
Di Jember

Assalamu’alaikum wr.wb.

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                           : Fatchur Rachman, S.H., M.HUM.
Umur                           : 33 Tahun
Agama                         : Islam
Pekerjaan                     : Advokat
Tempat Kediaman di  : Jln. Ciliwung Gg. 1 No 49 RT 04 RW 17 Kec. Purwantoro -
  Malang
Berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 27 Maret 2012, selanjutnya disebut  Penerima Kuasa, dari :
Nama                           : Irwan Bin Ikhwan
Umur                           : 42 Tahun
Agama                         : Islam
Pekerjaan                     : Pegawai Negeri Sipil (Dosen)
Tempat Kediaman di  : Jalan Sulawesi No.3 RT 03/RW 01 Kec. Gedang – Surabaya Selanjutnya disebut sebagai PEMOHON.

Pemohon hendak mengajukan permohonan cerai talak di pengadilan Agama Jember terhadap :

Nama                           : Irma binti Ilham
Umur                           : 40 Tahun
Agama                         : Islam
Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga
Tempat Kediaman di  : Jl. Simpang Dieng No.98 RT 14/RW 04 Kec. Medaeng - Jember.
Selanjutnya disebut sebagai TERMOHON.

Adapun alasan/dalil – dalil permohonan Pemohon sebagai berikut :

1.      Bahwa Pemohon dan Termohon adalah suami istri yang melangsungkan pernikahan pada tanggal 27 Maret 2002 dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kota Jember sesuai Kutipan Akta Nikah Nomor : 1342/215/III/2002, tanggal 27 Maret 2002.

2.      Bahwa setelah pernikahan tersebut Pemohon dan Termohon bertempat tinggal di rumah orang tua Termohon, lalu pindah ke Surabaya di Jalan Sulawesi 3 Surabaya selama 10 tahun dan selama pernikahan tersebut Pemohon dengan Termohon telah rukun baik sebagaimana layaknya suami istri dan telah dikaruniai 3 orang anak masing-masing bernama:
a)      Erlan Irwan           lahir tanggal 04 April 2003
b)      Erlanda Irwan       lahir tanggal 09 Mei 2006
c)      Ifada Irwan           lahir tanggal 22 Januari 2008
Ke tiga (3) anak tersebut dalam asuhan Pemohon dan Termohon.

3.      Bahwa pada mulanya rumah tangga Pemohon dan Termohon dalam keadaan rukun, namun sejak bulan februari tahun 2012 ketentraman rumah tangga Pemohon dengan Termohon mulai goyah, yaitu antara Pemohon dengan Termohon sering terjadi perselisihan dan pertengkaran yang penyebabnya antara lain: Termohon tidak menghargai Pemohon sebagai seorang suami yang sah, yakni ia terlalu berani dan seringkali membantah perkataan Pemohon dalam rangka membina rumah tangga yang baik; Termohon juga sering pergi keluar rumah tanpa alasan yang jelas hingga sering kali menimbulkan kesalahfahaman yang berujung pertengkaran.

4.      Bahwa perselisihan dan pertengkaran itu berkelanjutan terus-menerus sehingga akhirnya sejak tanggal 10 bulan Februari 2012 hingga sekarang selama kurang lebih 2 tahun , Pemohon  dan Termohon telah berpisah tempat tinggal/berpisah ranjang karena Termohon telah pergi meninggalkan tempat kediaman bersama, yang mana dalam pisah rumah tersebut saat ini Pemohon bertempat tinggal di Jalan Sulawesi 3 Surabaya dan Termohon bertempat tinggal di Jalan Simpang Dieng Jember dan selama itu sudah tidak ada hubungan lagi;

5.      Bahwa adanya perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus tersebut mengakibatkan rumah tangga Pemohon dan Termohon tidak ada kebahagiaan lahir dan batin dan tidak ada harapan untuk kembali membina rumah tangga;

6.      Bahwa pihak keluarga sudah berusaha mendamaikan Pemohon dan Termohon namun tidak berhasil.

7.      Bahwa atas dasar uraian diatas permohonan Pemohon telah memenuhi alasan perceraian sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.1 tahun 1974 Jo. Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1975 pasal 19 Jo. Kompilasi Hukum Islam pasal 116 huruf b dan f.

8.      Bahwa Pemohon sanggup membayar seluruh biaya yang timbul akibat perkara ini.

Berdasarkan alasan/dalil-dalil diatas, Pemohon mohon agar ketua Pengadilan Agama Kelas 1 Jember segera memeriksa dan mengadili perkara ini, selanjutnya menjatuhkan putusan yang amarnya sebagai berikut :

PRIMAIR
1.      Mengabulkan permohonan Pemohon;
2.      Memberikan ijin kepada Pemohon Irwan bin Ikhwan untuk menjatuhkan talak satu raj’I kepada Irma binti Ilham di hadapan sidang Pengadilan Agama Jember;
3.      Membebankan biaya perkara menurut Hukum;

SUBSIDAIR

Atau menjatuhkan putusan lain yang seadil-adilnya;


Demikian atas terkabulnya permohonan ini, Pemohon menyampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb


     Pemohon





                                                                                                (Fatchur Rachman, S.H., M.Hum.)

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus